Meningkatnya Kecanduan Game Online Berbahaya Bagi Kesehatan

Sep 25,2018
Meningkatnya Kecanduan Game Online Berbahaya Bagi Kesehatan! Peningkatan luar biasa dalam penggunaan video game oleh anak-anak menyebabkan mereka menjadi bahaya tidak hanya bagi kesehatan mereka tetapi juga kualitas hidup mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, gim video telah menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer untuk anak-anak dan remaja di seluruh dunia.

Banyaknya masyarakat yang bermain game menjadi salahstu penyebab Meningkatnya Kecanduan game Online yang serius bagi banyak anak yang tidak hanya memperhatikan orang tua, tetapi juga otoritas kesehatan dan sekolah. Bacalah Artikel terbaru ini hingga selesai untuk menambah wawasan Anda.

Diperkirakan bahwa antara 5 dan 8 persen anak-anak dan remaja kecanduan bentuk hiburan ini. Dalam beberapa hari terakhir, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkategorikan kecanduan video game sebagai gangguan kesehatan mental, pendapat yang tidak dimiliki oleh semua ahli pada game-game ini. Coba Anda kunjungi situs sakong online untuk manmda mainkan.
Salah satu kondisi yang membuat penggunaannya menarik bagi anak-anak adalah bahwa mereka dapat dipraktekkan dengan sangat sedikit elemen, tidak seperti permainan tradisional lainnya. Pada saat yang sama, mereka memungkinkan anak-anak untuk melarikan diri dari kesulitan dan tuntutan dunia nyata.

Bagaimana Cara Menghindari Penyebab Meningkatnya Kecanduan game Online?
Seseorang dapat menambah faktor-faktor ini sebagai daya tarik untuk membangun koneksi sosial, imbalan dari permainan yang berkelanjutan, dan rasa pencapaian bertahap yang dikembangkan dengan hati-hati berdasarkan prinsip-prinsip penguatan psikologis yang terkenal.
Kecanduan video game dapat memiliki efek kesehatan yang serius pada anak-anak. Mereka dapat menyebabkan masalah visual dan postural, kebiasaan makan dan tidur yang buruk, isolasi sosial, dan kemarahan dan perilaku agresif yang dapat berbahaya bagi orang lain ketika diminta untuk berhenti bermain. Anak-anak juga dapat kehilangan teman-teman yang bukan pemain game.

Anak-anak yang kecanduan juga bisa menjadi cemas dan tertekan, membawa mereka ke isolasi sosial, harga diri rendah, tingkat kehadiran sekolah yang rendah, dan kegagalan nilai sekolah. Meskipun permainan yang berlebihan dapat terjadi secara independen dari masalah lain, itu juga dapat mewakili respon anak terhadap situasi yang mendasari lainnya, seperti komunikasi yang buruk dengan orang tua mereka atau dengan anak-anak lain, kecemasan dan depresi.

Baca Juga: Daftar Penyakit Akibat Kolestrol Tinggi

Untuk membatasi efek negatif dari permainan video, orang tua dapat menetapkan seperangkat aturan seperti: membatasi jumlah waktu ketika anak-anak dapat bermain; melarang mereka bermain sampai mereka memenuhi tanggung jawab mereka baik di rumah maupun di sekolah; memastikan bahwa anak-anak mengerti bahwa bermain game bukanlah hak yang mereka miliki, tetapi itu adalah hak istimewa yang diperoleh; melarang permainan yang dianggap orang tua dapat membahayakan kesehatan anak-anak mereka; digunakan oleh orang tua dari pengaturan “Parental Control” yang sekarang termasuk dalam hampir semua perangkat video game; menjaga permainan dan konsol dari kamar tidur anak-anak di mana orang tua dapat lebih mudah mengontrol penggunaannya; dan melarang anak-anak menonton pertandingan dengan tema yang penuh kekerasan.

Ini Semua merupakan tanggung jawab orang tua untuk membatasi akses anak-anak mereka ke permainan video dan komputer, dan rekomendasi mereka kepada anak-anak mereka tentang penggunaannya harus ditegakkan secara ketat. Kesehatan dan kualitas hidup anak-anak dipertaruhkan. Dan juga orang tua wajib mengingatkan anak anak atau orang di sekitarnya tentang penyebab Meningkatnya Kecanduan game Online di kalangan mereka.